Senin, 29 Juli 2013

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Error


Orang kini lebih tergerak mengetahui cara memperbaiki memory card yang error, karena melihat begitu pentingnya pemakaian memory card dalam menunjang efektifitas pekerjaan yang berhubungan dengan tehnologi gadget maupun komputer. Fungsi memory card merupakan media storage data yang umum terdapat juga di beberapa gadget, kamera, tablet, ponsel dan lain sebagainya. Kapasitas memory card sendiripun juga berbeda-beda tergantung tingkat kebutuhan. Penyimpanan file-file dalam jumlah yang besar memerlukan kapasitas memory card yang bisa memuat data lebih banyak.

Seiring pemakaian yang terus menerus memungkinkan memory card rentan mengalami kerusakan seperti halnya piranti elektronik yang lain. Bisa mengakibatkan kerugian karena data-data penting yang tersimpan tidak bisa terbaca secara langsung baik di komputer ataupun ponsel. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam merawat memory card secara hati-hati

Beberapa kejadian yang kerap dijumpai pada memory card yang error bisa dipengaruhi berbagai hal seperti : suhu panas yang berlebihan pada pirantinya, adanya pengaruh medan magnet, kekeliruan waktu mencabut/memasang memory card ke perangkat slot, terjangkiti virus hingga membuat file corrupt, mengalami gagal partisi/ system yang error, memory card yang seringkali dipindah-pindahkan ke piranti lainnya semisal memory card ponsel dipasangkan berulangkali ke dalam kamera digital.

Kali ini ada alternatif mudah yang bisa dilakukan berhubungan cara memperbaiki memory card yang error. Jika terdeteksi secara awal akan lebih baik dan cepat dalam mendiagnosa kerusakkan yang bisa diperbaiki. Langkah antisipasi dalam menangani kerusakan memory card adalah :
  • Segera masukkan memory ke card reader yang sudah dikoneksikan dengan piranti PC.
  • Klik perintah drive memory card pada removeable disk, lalu klik tab properties
  • Cari tool kemudian pilih opsi check now, beri centang pada automatically check sistem for error lalu dilanjutkan proses scan for and attempt recovery of bad sector. Tandai centang pada keduanya, lalu pilih start.
  • Tunggu proses berakhir
  • Pasangkan kembali memory card ke dalam gadget lalu cek lagi apakah memory card bisa kembali berfungsi seperti sedia kala.

Cara berikutnya memperbaiki memory card yang error dengan menu format yang dilakukan lewat program windows Explorer. Langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan :

  • Mencabut memory card dari piranti gadget android kemudian disambungkan ke memory card reader. Perhatian penting : sebelum mencabut memory card leboh baik matikan ponsel terlebih dahulu. Baru kemudian mencabut memory card yang ada. Menggunakan menu “Unmount SD Card” yang merupakan fasilitas yang disediakan.
  • Klik kanan mouse pada menu windows Eksplorer, mencari drive memory card lalu pilih opsi untuk Format.
  • Ada beragam pilihan jenis format (FAT32, FAT serta NTSC), pilihlah sistem format file jenis FAT.
  • Kemudian tekan tombol tersebut tunggu hingga proses berakhir.

Setiap program perbaikan memiliki cara penanganan yang berbeda-beda, namun tidak ada salahnya terlebih dulu melakukan perbaikan langsung terhadap masalah yang terjadi.

Selain mengetahui cara memperbaiki memory card yang error, sebagai user yang baik harus bisa melakukan maintenance secara pribadi terhadap memory card. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar memory card terhindar dari kerusakkan yang tidak diinginkan :

Jangan mencabut-memasang kartu secara sembarangan, tindakan yang kurang hati-hati bisa menyebabkan memory card tidak tercabut/terpasang secara sempurna. Biasakan memakai cara removeable hardware.

Simpan memory card pada tempat yang aman seperti tidak mudah terkena percikkan air, kena suhu panas secara langsung, ataupun dekat dengan medan magnet.

Sesuaikan kapasitas card memory dengan penyimpanan yang ada. Jangan memaksa melebihi kapasitas. Alangkah lebih baik memanfaatkan memory card cadangan.

Membersihkan dengan software antivirus yang ada pada komputer. Demi menjaga memory card dari terjangkitnya suatu virus program / file yang tidak dikenal.

Beberapa metode dan cara memperbaiki memory card yang error di atas hanya sebatas usaha memperbaiki saja. Apabila terdapat kerusakan parah selain bad sector atau kerusakan secara fisik bisa memanfaatkan jaminan kartu garansi memory card yang life time sesuai dengan ketentuan dan syarat yang ada.

Oleh : Christanty Putri Arty

0 komentar