Minggu, 28 Juli 2013

Salman Alfarisi, penerjemah Alquran ke bahasa asing pertama kali


Salman Alfarisi merupakan seorang sahabat Rasulullah dikenal sebagai orang pertama kali berhasil menerjemahkan Al quran ke bahasa asing. Salman lahir di kota Ishafan, di sebuah desa bernama Jayyan di Persia. 

Ayahnya dulu merupakan orang paling kaya di desa. Salman muda tidak bernasib baik, dia harus menghabiskan siang dan malam dikurung oleh ayahnya karena sangat khawatir kehilangan putranya.

Suatu hari, dia pergi dan bertemu dengan orang-orang kristiani. Salman jatuh cinta pada agama Kristen dan berkeinginan untuk meninggalkan agama yang dianutnya. 

Tidak mudah untuk keluar dari penjara ayahnya, namun ia selalu berhasil berhubungan dengan orang Kristen dan berhasil kabur. Ketika itulah Salman Alfarisi resmi menjadi penganut kristiani.

Salman kemudian hidup sebagai pendamping pendeta yang sangat taat dan berdedikasi tinggi. Suatu hari, seseorang mengabarkan dirinya tentang keberadaan dan reputasi Nabi Muhammad SAW yang terkenal sangat menjunjung tinggi kejujuran. 

Sontak Salman berniat untuk menemui Nabi. Dia mendatangi sekelompok orang Arab dari Ammuriyah untuk ikut dalam perjalanan mereka ke Arab. Bukannya sampai di Arab, Salman malah dijual ke orang Yahudi di tengah perjalanan.

Selama menjadi budak tidak melunturkan niatan Salman untuk bertemu dengan Nabi. Dia selalu mencari informasi tentang keberadaan Nabi. Hingga suatu hari ia mendapat kabar jika Nabi akan datang ke Quba dan mengundang orang-orang sekitar.

Salman jelas tidak ingin kelewatan momen tersebut. Benar saja, di hari itu Salman menemui Nabi dan berkata Saya mendengar Anda adalah seseorang yang sangat bijak dan Anda ditemani oleh orang-orang asing yang berkebutuhan. Terimalah kurma ini sebagai sedekah. Anda lebih membutuhkannya daripada orang lain.

Nabi menerima sedekah dari Salman dan memberikannya kepada para sahabat dan pengikutnya. Nabi tidak memakan kurma tersebut sedikitpun. 

Melihat hal tersebut, Salman kembali menemui Nabi dan berkata Saya memperhatikan Anda tidak memakan kurma pemberian saya. Ini ada sedikit sedekah lagi. Kali ini Nabi juga ikut memakan kurma tersebut.

Kebesaran dan kejujuran Nabi Muhammad SAW membimbing Salman percaya akan Nabi dan juga menerima Islam. Nabi membebaskan Salman dari perbudakan dengan harga cukup tinggi. Mulai sejak itu, ketika ditanya mengenai identitas diri, Salman akan menjawab: Saya Salman, penganut Islam dan anak dari Adam.

Sebagai orang Islam, Salman Alfarisi dikenal sebagai seseorang yang sangat gagah berani dan penting dalam perjuangan Islam. Dia juga terkenal sebagai seorang inovator dalam strategi militer. Salman adalah orang yang mengusulkan penggalian parit di sekitar Madinah ketika berjibaku dengan pasukan Quraish.

Selain cerdas dalam berperang, Salman juga berwawasan luas. Sebagai orang yang berpendidikan, Salman digambarkan sebagai orang yang penuh akan pengetahuan dan pertimbangan, bahkan laut pun tidak sanggup menyapu ilmunya.

Salman kemudian menerjemahkan beberapa bagian Alquran ke bahasa Persia dan menjadi orang pertama yang melakukannya. Petualangan hidup Salman semata-mata karena dia berfilosofi, dia mencari kebenaran. Hingga akhir hidupnya, ia menemukan kebenaran di jalan Islam.


0 komentar