Sabtu, 27 Juli 2013

Copot baterai laptop biar awet, benarkah?


Apakah menyalakan laptop dengan terus memasang adapter akan membuat baterai cepat rusak? Apakah melepas baterai laptop bisa memperpanjang umurnya?

Mungkin dua pertanyaan itulah yang sering timbul dibenak para pengguna laptop terutama pengguna baru perangkat tersebut.

Memang melepas baterai laptop secara otomatis akan memperpanjang umur dari baterai tersebut sendiri.

Dikutip dari Makeusefo, dengan melepas baterai maka pengguna dapat memperpanjang umur baterai tersebut. Dalam website tersebut dijelaskan jika baterai tetap digunakan dan charge dalam posisi penuh, hal ini dapat membuat reaksi kimia dari baterai Lithium-Ion (Li-Ion) yaitu pergeseran ion dari anoda ke katoda dan sebaliknya akan berjalan terus menerus dan memperbesar resiko penurunan kapasitas daya baterai.

Melepas baterai juga dapat menghindari baterai untuk meresap suhu panas yang berlebihan dari laptop yang bisa memperpendek umur baterai. Akan tetapi, kedua hal yang dapat memperpanjang umur baterai tersebut baru akan berfungsi ketika proses pencopotan baterai dilakukan secara benar.


Melepas baterai dari laptop benar-benar akan memperpanjang usia baterai jika langkahnya dilakukan dengan benar.

Seperti dilansir Makeuseof, baterai sebaiknya dilepas dari laptop jika pengguna akan melakukan kerja berat di laptopnya seperti bermain game dengan waktu yang cukup lama.

Namun, melepas baterai ini sendiri ternyata jika salah malah dapat mempersingkat umur baterai secara drastis. Maka dari itu, sebaiknya jika Anda ingin melepas baterai, maka laptop sebaiknya harus dalam keadaan mati dan sudah terlepas dari kabel charger adaptor.

Selain itu, sebaiknya saat dilepas dari baterai, baterai harus dalam terisi daya minimal 40 persen. Hal ini dikarenakan meskipun baterai tidak digunakan, baterai tetap akan melepaskan energi.

Dengan melepas baterai dengan cara tersebut, maka diperkirakan umur baterai laptop akan lebih panjang.

Akan tetapi, sebenarnya saat ini sendiri perusahaan laptop juga telah mengembangkan teknologi yang membuat daya tahan baterai lebih lama.

Jika baterai telah terisi penuh, maka daya listrik dari charger akan langsung disalurkan ke laptop dengan sistem by-pass dan baterai sendiri hanya akan berfungsi sebagai stabilisator saja.

Melepas baterai sebenarnya juga akan sedikit beresiko untuk laptop sendiri. Dengan melepas baterai maka aliran listrik AC dari stop kontak akan langsung mengalir ke hardware laptop. Hal ini berisiko merusak hardware laptop ketika terjadi naik turunnya daya ataupun terjadi pemadaman listrik secara mendadak.

Jadi menjadi pilihan Anda ketika harus melepas baterai demi keawetannya ataukah terus memasang baterai untuk melindungi hardware yang ada di laptop Anda.



0 komentar