Sabtu, 03 Agustus 2013

Tips agar mudik Anda lancar


Pulang ke kampung halaman adalah saat-saat yang paling ditunggu bagi Anda sebagai penduduk pendatang. Demi berjumpa dengan sanak saudara di kampung, Anda rela menempuh perjalanan yang cukup jauh hingga menempuh jarak ribuan kilometer. Perjalanan jauh ini pasti akan membutuhkan tubuh yang sangat sehat dan juga kendaraan yang sehat juga. Supaya perjalanan Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan, ada beberapa hal yang pastinya harus Anda persiapkan.

Berikut adalah5 tips agar mudik Anda lancar:

1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda

Saat Anda memutuskan untuk pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, periksakanlah terlebih dahulu kendaraan Anda ke bengkel terpercaya, mulai dari rem, oli hingga ban kendaraan Anda. Jangan lupa untuk mengecek keseluruhan dari kendaraan Anda jangan sampai membuat perjalanan Anda terganggu.

2. Jaga Kesehatan Anda

Suasana jalanan yang macet dan banyak polusi sangat menuntut Anda untuk selalu menjaga stamina tubuh selama perjalanan, terlebih jika saat berpuasa, hal ini pasti membuat Anda cukup stress. Untuk itu ada baiknya jika anda mencari tips agar puasa lancar untuk yang sedang berpergian.Biasanya tips ini adalah dengan manjaga asupan makanan dan minuman Anda selama perjalanan mudik. Tambahkan dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan vitamin C agar tubuh tetap fit. Aturlah pola tidur selama perjalanan mudik agar saat Anda berkendara tidak mengantuk dan mengalami kecelakaan.

3. Bawalah Peta atau GPS

Setiap tahun pasti ada saja jalan yang mengalami renovasi dan perubahan. Hal ini pasti akan membingungkan anda yang ingin mudik ke kampung halaman. Banyak pula tersedia jalur alternatif yang banyak dicari para pemudik agar tidak terjebak macet. Jika Anda berniat mencoba jalur alternatif yang baru, jangan pernah lupa untuk membawa peta atau GPS agar kemungkinan Anda salah jalan pun semakin kecil.

4. Jangan Gegabah

Saat jalan macet memang sangat membuat Anda tidak sabaran. Hal ini hanya akan membuat Anda lelah fisik dan lelah hati. Bersabarlah saat berada diperjalanan, jangan pula Anda memilih salip sana salip sini agar perjalanan anda terhindar dari kecelakaan yang rawan terjadi saat mudik.

5. Berhati-hatilah

Tingkat kejahatan saat mudik sangatlah tinggi, jika Anda memang membawa uang yang banyak untuk sanak saudara di kampung halaman, waspadalah saat menaruh uang tersebut. Jangan menaruhnya sembarang tempat atau menaruh semua uang Anda di dompet. Sebisa mungkin Anda dapat bisa menyimpannya di ATM saja agar lebih mudah.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Tips mudik dengan berkendaraan motor


Indonesia memang memiliki tradisi yang sangat unik yaitu mudik. Mudik pasti menjadi agenda yang rutin bagi anda yang memiliki kampung halaman. Berbagai macam masyarakat mudik dengan menggunakan berbagai macam kendaraan pula. Salah satunya adalah sepeda motor. Menurut laporan, setiap tahunnya para pemudik yang menggunakan sepeda motor sangat mendominasi perjalanan mudik. hal ini terjadi karena kendaraan bermotor roda dua merupakan kendaraan yang terjangkau dan hampir dimiliki oleh semua keluarga, sehingga prosentase penggunaannya saat mudik pun menjadi besar.

Saat Anda memilih kendaraan roda dua ini untuk digunakan sebagai kendaraan menuju kampung halaman, pasti kenyamanan dan keamanan saat berada di perjalanan menjadi suatu hal yang sangat penting. Namun saat Anda mudik dengan sepeda motor, sebenarnya hanya ada dua hal yang perlu Anda perhatikan yaitu kesehatan dari kendaraan Anda dan juga kesehatan fisik bagi pengendaranya. Berikut ada beberapa tips mudik dengan berkendaraan roda dua atau motor yang mungkin bisa membantu Anda dalam perjalanan mudik :

1. Siapkan Mental Pengendara

Saat Anda memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik, berarti Anda harus siap menghadapi kemacetan jalan saat mudik lebaran. Buatlah perjalanan Anda terasa santai, jangan dibawa was-was, khawatir ataupun beban-beban yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

2. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Carilah informasi tentang perjalanan mudik Anda. Hal ini meliputi seperti rute perjalanan Anda, jalur alternatif, hingga tempat ibadah dan rumah makan yang dapat Anda singgahi saat berada pada perjalanan mudik.

3. Kuatkan Fisik Anda

Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik. Istirahatlah yang cukup agar Anda memiliki stamina yang cukup saat akan berangkat. Hal ini dapat menghindari Anda dari gejala mengantuk saat berkendara sehingga terhindar dari kecelakaan. Bila mengantuk, segeralah menepi dan istirahat sejenak.

4. Persiapkan Kondisi Kendaraan Anda

Ajaklah motor Anda untuk mendapatkan service agar kondisi kendaraan Anda saat perjalanan mudik menjadi optimal. Mintalah pada mekanik bengkel kepercayaan Anda untuk mengecek semua yang ada pada motor anda. Mulai dari mesin, rem, oli, hingga ban motor Anda. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan pada saat perjalanan mudik seperti mogok. Namun perlu diperhatikan, jangan membawa motor Anda ke bengkel pada waktu yang mepet dengan keberangkatan Anda karena Anda juga tidak mengetahui kerusakan pada kendaraan Anda dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.


0 komentar