Selasa, 01 Oktober 2013

Cara Melakukan Power Cycle Pada Gadget Untuk Memperbaiki Masalah Gadget


Cara melakukan power cycle pada gadget untuk memperbaiki masalah gadget ini mungkin belum Anda ketahui. Mungkin Anda pernah mendapati smartphone, laptop, pc tablet, ataupun gadget lainnya menjadi kurang responsif. Cara pasti untuk memperbaiki gadget Anda dari freeze, ataupun masalah semacamnya itu adalah dengan melakukan power cycle. Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara melakukannya.


Mencabut Baterai

Jika gadget Anda mengalami freeze dan tidak dapat menyala sama sekali, mencabut baterai gadget adalah tindakan awal yang dapat Anda lakukan. Hal ini berlaku pada smartphone, laptop, kamera digital, dan gadget yang mempunyai baterai yang dapat dilepas.

Carilah tempat dimana baterai disimpan, yang biasanya akan berbeda, tergantung pada gadget Anda, lalu cabut baterai gadget, tunggulah beberapa detik, dan masukkan kembali baterai kedalam gadget Anda. Cobalah untuk menyalakan gadget kembali. Seringkali gadget Anda akan kembali ke keadaan normal.

Menekan dan Menahan Tombol Power

Banyak gadget yang ada sekarang ini tidak memiliki slot baterai yang dapat Anda cabut dengan mudah, seperti pada iPhone. Tetapi pengguna gadget masih membutuhkan kemampuan power cycle pada gadget.Anda dapat melakukan power cycle dengan menekan dan menahan selama beberapa detik tombol power.

Contohnya seperti pada Galaxy Note dengan Android ICS, jika Anda menekan tombol power yang ada disisi Android selama 2-3 detik, layar Galaxy Note akan menampilkan menu untuk me-restart Galaxy Note. Pada iPhone, Anda harus menekan tombol home dan power bersamaan selama 10 detik.

Mencabut Kabel Daya

Jika Anda memiliki router atau modem, Anda bisa melakukan power cycle dengan cara mencabut kabel daya device tersebut, lalu menunggu beberapa detik, paling tidak 10 detik, sebelum mencolokkan kabel daya kembali.

Reset Pinhole

Beberapa device memiliki baterai built-in, seperti pada beberapa router tertentu, biasanya memiliki tombol kecil dan tersembunyi yang bisa Anda tekan untuk melakukan power cycle. Tombol tersebut biasanya terdapat didalam lubang kecil yang ada pada device. Anda harus menggunakan penjepit kertas yang diluruskan ataupun benda semacamnya untuk menakan tombol ini.

Berhati-hatilah saat menekan tombol pinhole ini, karena terkadang tombol tersebut akan me-reset seluruh pengaturan kembali ke pengaturan pabrikan.

0 komentar