Senin, 31 Maret 2014

Seperti kunang-kunang, timun ini bisa menyala dalam kegelapan


Seorang ilmuan asal Belanda, Daan Roosegaarde, telah menemukan sebuah tanaman baru yang memiliki karakteristik cukup unik. Dalam gelaran SXSW 2014, dirinya memperkenalkan sebuah timun yang bisa menyala dalam gelap.

Seperti yang dilansir The Verge  Daan memperlihatkan bahwa tanaman ternyata juga bisa mengeluarkan cahaya yang berpendar dalam gelap seperti kunang-kunang. Dengan memodifikasi struktur molekular sebuah tanaman, Daan berhasil memasukkan luciferin, sebuah unsur kimia dalam ubur-ubur sehingga bisa mengeluarkan sinar radian.

"Saya memang tergila-gila dengan ubur-ubur karena mereka mengeluarkan cahaya sendiri tanpa bantuan baterai atau panel surya," katanya.



Menurutnya, penemuan ini akan sangat berguna jika diterapkan pada pepohonan di pinggiran jalan. Dengan begitu, meski listrik padam, jalan akan tetap terang sehingga tidak menimbulkan kecelakaan.

"Ada saatnya pemerintah bisa mematikan lampu jalan dan menggantinya dengan yang lebih natural," sambutnya.

Teknologi yang ditawarkannya ini sendiri telah mendapatkan persetujuan dari sebuah kontraktor jalan raya dan investor Heymans serta pemerintah Belanda. Dalam waktu dekat, penerangan jalan ramah lingkungan yang menggunakan luciferin pun kabarnya akan segera dibuka.

0 komentar