Jumat, 13 Juni 2014

Keunggulan Kurma


Nilai perdagangan kurma di Indonesia mencapai Rp236,8 miliar. Selain rasanya yang lezat, banyak manfaat dari buah asli Timur Tengah tersebut.

Selain glikemiks indeks-nya rendah, kurma memberi energi tanpa memicu lonjakan gula pada tubuh. Juga banyak manfaat lain buah kurma; berguna bagi kesehatan dan menurunkan berat badan.

Kebutuhan akan kurba di Indonesia cukup luar biasa, yaitu 17 ribu metrik ton, dengan nilai pasar 20 juta dolar AS atau Rp 236,8 miliar per tahun. "Semuanya impir dari Timur Tengah; Arab Saudi dan Mesir, Turki, AS, dan negara-negara Afrika Utara," ujar Kaffi Kurnia, pakar pemasaran buah dan sayuran dari Peka Consult di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan peningkatan konsumsi kurma di Indonesia terjadi selama Ramadhan dan Idul Fitri. Pada hari-hari biasa, permintaan kurna cenderung meningkat saat saat musim haji dan umron.

Peningkatan ini disebabkan terjadinya perubahan pola belanja. Kini orang tidak perlu lagi bersusah-payah membawa kurma langsung dari Arab sebagai buah tangan, tapi membelinya di pasar lokal.

Kaffi menjelaskan banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi kurma secara teratur. Salah satunya, menurunkan berat badan.

"Jurnal-jurnal kesehatan telah banyak menyebutkan, jika ingin menurunkan berat badan sebetulnya bukan membatasi atau mengurangi makanan tapi makan yang baik atau eating better bukan eating less," ujarnya.

Makan beberapa kurma sebelum makan, kata Kaffi, akan membuat kenyang lebih cepat. Bagi ibu hamil menjelang persalinan, lanjut Kafi, dianjurkan rajin makan kurma untuk melancarkan persalinan memulihkan stamina.

Ini sejumlah manfaat buah kurma bagi kesehatan:

1. Kaya akan serat, kurma membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus dan sebagai pencahar alami.

2. Mengandung antioksidan dan polifenol flavonoid yang dikenal sebagai tanin sebagai anti infeksi, anti inflamasi dan anti hemoragik (mencegah kecenderungan mudah berdarah).

3. Sumber moderat vitamin A (mengandung 149 IU per 100 gram) memiliki sifat antioksidan dan sangat penting bagi penglihatan. Buah yang kaya vitamin A juga melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

4. Kaya akan zat besi, mengandung 0,90 mg/100 g buah, yang merupakan komponen dari hemoglobin dalam sel darah merah, menentukan kapasitas pembawa oksigen darah.

5.Kurma sangat baik dalam kalium yaitu 696 mg/100 g atau 16% dari tingkat harian yang disarankan elektrolit ini. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

6.Kaya akan kalsium, mangan dan tembaga serta magnesium yang merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh.

7. Kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin K, berisi jumlah yang sangat baik piridoksin atau bitamin B-6, niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin membantu memetabolisme karbohidrat tubuh, protein dan lemak


0 komentar