Rabu, 14 Desember 2011

Kue Cantik Natal



detail berita
NATAL sebentar lagi datang menyapa. Sudah terpikir ingin membuat kue apa untuk suguhan nanti? Bagaimana kalau coba membuat ginger star dan stolen bread yang memang identik dengan Natal?

Di samping menyiapkan hidangan untuk jamuan perayaan Natal nanti, Anda tentunya juga mempersiapkan aneka kue kering untuk dinikmati. Sudah terpikir mau membuat kue apa? untuk membuat kue kering yang identik dengan perayaan Natal khususnya di Eropa, yakni ginger star dan stolen bread. Ginger star, sesuai namanya, mengandung jahe. Tak heran, kue ini menjadi suguhan favorit saat perayaan Natal. Jahe yang berkhasiat menghangatkan tubuh, bisa mengusir rasa dingin apalagi saat musim salju di Eropa.

Membuat kue ini sesungguhnya amat mudah, dengan bahan-bahan yang juga sama mudahnya didapat. “Ginger star juga cocok untuk mereka yang vegetarian karena kue ini tidak memakai telur, ”ujar Pastry Chef Primadi dari hotel Alila Jakarta mengadakan kelas membuat dua kue ini di Shanghai Strom Restaurant Hotel Alila, Jakarta. Langkah membuatnya, pertama-tama campur mentega dengan gula.

Untuk mengaduk adonan, boleh menggunakan mixerataupun tangan, keduanya akan menghasilkan kehalusan adonan yang sama. Saat mengaduk mentega dengan gula merah, perlahan saja namun dengan makin lama makin kencang. Ini agar gula merah cepat larut dan menteganya cepat leleh. Gula merah dipilih untuk semakin menonjolkan warna kue ini yang berwarna cokelat. Menggunakan gula putih boleh saja, tetapi warnanya tentu jadi tidak pekat. Baru masukkan sirup maple dan aduk sampai merata. Disusul dengan jahe, baking soda, serta susu.

Sedikit tips dari Primadi, saat mencampur atau memasukkan bahan ke wadah adonan, kalau menggunakan mixer, pindahkan ke kecepatan rendah. Begitu pula jika manual, aduk perlahan adonan. Ini agar adonan tidak terciprat dan merata. “Masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk, lalu masukkan susu. Jangan semuanya dimasukkan. Biarkan diaduk dan tercampur dulu, baru masukkan susu lagi dan tepung, begitu seterusnya,” saran chef yang sudah berpengalaman tahunan di bidang pastry ini.

Dengan cara ini, adonan tidak akan menjadi alot sebab bahan dimasukkan secara bertahap dan menunggu hingga adonan tercampur merata. Bila adonan sudah kalis, bungkus adonan dengan plastik bening dan tepuk tepuk sampai berbentuk datar.

Dikatakan Primadi, bentuk datar seperti ini bisa lebih cepat mendinginkannya dibanding bentuk menggumpal atau seperti bola.Simpan di lemari es selama 30 menit, bukan di freezer.

Karena tidak mengandung telur,adonan ini dapat bertahan lama di lemari pendingin. Nah,kalau sudah dingin, adonan akan lebih mudah untuk dicetak. Bentuk menjadi datar adonan dan bungkus kembali dengan plastik. Primadi lebih senang membungkus adonan dengan plastik ketimbang memberinya terigu saat proses penggilingan. “Sebab, kalau terlalu banyak memberi terigu pada adonan,akan jadi cepat kering,”katanya.

Kalau adonan masih lengket sehingga sulit untuk dicetak, masukkan saja kembali sebentar ke dalam chiller. Setelah dicetak berbentuk bintang, untuk menghias permukaan kue ini gunakan icing yang hanya terdiri atas campuran gula halus dan susu. Barulah kue dipanggang selama beberapa menit agar icing kering. Membuat stolen bread juga terbilang mudah. Roti khas Jerman bernama christstollen atau weihnachtsstollen ini berisi aneka buah kering.

Ukuran roti ini terbilang besar.Isinya terdiri atas bermacam-macam buah kering dan potongan kacang almond. Ukuran asli stolen bisa mencapai 2 kg. Bentuk roti ini terbilang unik.Dari luar terasa padat dengan tekstur kecokelatan. Bentuknya pipih dan lonjong, namun pada permukaan atasnya bergelombang di bagian tengah. Dahulu kue ini hanya terasa hambar dengan campuran adonan tepung, air, dan oat.

Maklum, stolen pada zaman itu merupakan salah satu eksperimen awal pembuatan roti panggang di Eropa. Namun seiring bergantinya waktu, kue ini manis dan amat legit, tambahan lagi filling-nya berisi aneka buang kering yang banyak dikonsumsi di Eropa.Buah kering tersebut direndam dalam rhum selama kurang lebih setengah jam. Tujuannya selain untuk menghasilkan aroma, juga untuk membuat kue kering menjadi empuk.

Kue ini menggunakan almond yang sudah dihaluskan sebagai isian, tapi jika tidak ada boleh diganti dengan kacang tanah halus. Tentu saja aroma dan rasanya akan berbeda. Sementara buah kering bisa diganti dengan kurma. Saat mengocok adonan, Primadi menyarankan agar memisahkan bahan yang cair dengan padat atau bubuk. Bahan cair masukkan bersamaan dengan bahan cair yang lain,misalnya susu dengan telur.

Namun, sebelumnya kocok dahulu telur.Untuk bahan yang cair ini beri wadah sendiri untuk mencampurnya sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam adonan utama. Sekarang Anda bisa mencoba membuat sendiri kedua kue ini dari resep yang diberikan. Selamat mencoba. 
 
doc.SEPUTARINDONESIA

0 komentar