Rabu, 04 Januari 2012

Penawaran EBOOK GRATIS di Internet: Sungguhan atau Hanya Tipuan?


Anda mungkin pernah (atau sering) membaca penawaran “ebook gratis” atau yang semacam itu. Yang paling mutakhir adalah program yang dilansir oleh TDW University beberapa waktu lalu(*). Lewat program ini,Tung Desem Waringin (TDW)menjanjikan ebook gratis dan sejumlah hadiah menarik lainnya bagi Anda yang mendaftarkan diri untuk bergabung di website mereka.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan internet marketing, tentu hal-hal seperti ini tak asing lagi. Kemungkinan besar REAKSI PERTAMA Anda bila mendapat tawaran seperti ini adalah “Langsung sedot sekarang juga! Gratis ini!”

Tapi berdasarkan pengamatan saya, ternyata banyak juga orang yang masih belum percaya terhadap hal-hal seperti ini. Mereka ragu, bahkan takut bila tertipu.

Salah satu buktinya:

Ketika saya membantu mempromosikan ebook gratis dari TDW University, ada ribuan orang yang mengklik link yang saya promosikan. Tapi dari ribuan klik tersebut, yang benar-benar mendaftar untuk mendapatkan ebooknya hanya sekitar 20 persen. Artinya, banyak di antara orang-orang yang mengklik link tersebut yang pada akhirnya tidak jadi mendaftar. Mungkin karena mereka ragu, takut, bingung, dan seterusnya.

Oleh karena itulah, saya akan mencoba menjelaskan hal ini secara gamblang dan sistematis, agar masalahnya menjadi (lebih) jelas.

Kenapa mereka memberikan ebook gratis? Apa tujuannya?

Pertama, mungkin karena mereka orangnya baik hati dan dermawan. Tapi orang yang seperti ini biasanya langsung menyediakan link ke ebook gratis tersebut. Kita bisa langsung menyedot ebooknya tanpa harus mendaftar ke manapun.

Kedua: Ada udang di balik batu.

Maksudnya:
Di dalam ebook tersebut, si pemiliknya menyelipkan iklan-iklan tertentu. Dengan kata lain, sebenarnya TUJUAN UTAMA mereka memberikan ebook gratis tersebut adalah agar Anda “tergoda” oleh iklan-iklan tersebut. Ebook gratisnya hanya sarana atau “perantara”. Tapi jangan khawatir, sebab tampilan iklan-iklan tersebut biasanya tidak akan mengganggu kenyamanan Anda dalam membaca isi ebooknya. Apalagi, banyak di antara ebook gratis tersebut yang isinya memang bagus.
.
Untuk mendapatkan ebook tersebut, biasanya Anda harus mendaftarkan diri dengan mengisi formulir sederhana (nama dan alamat email). Nah, ini sebenarnya intinya! Dalam bahasa marketing, ini disebutlist building, atau membangun daftar alamat email yang merupakan calon pembeli potensial si pemilik ebook. Bayangkan bila ada 2.000 orang yang mendownload ebook tersebut. Ini artinya si pemilik ebook punya database 2.000 nama dan alamat email yang siap mereka follow updengan penawaran iklan, promosi, dan sebagainya.

(Sekadar info: Saya juga menerapkan kedua poin di atas melalui ebook gratis “10 Kiat Sukses Berbisnis Online”)

Saya akan di-follow up dengan iklan dan promosi? Apa ini bukan SPAM(**) namanya?


Mohon maaf, ini bukan SPAM.
Karena: 
SPAM adalah ketika seseorang mengirim iklan kepada orang lain yang sama sekali tidak tertarik. Dia mengirim iklan kepada orang yang tidak pernah meminta dia untuk mengirimi mereka email atau pesan apapun.

Sedangkan pada ebook gratis tersebut, konsepnya sama sekali berbeda dengan SPAM, karena:
Anda (sebagai pendaftar) dengan SUKARELA mendaftarkan alamat email Anda.
.
Begitu mendaftar, biasanya Anda akan menerima sebuah email konfirmasi. Pada email konfirmasi itu, Anda harus mengklik link tertentu. Tindakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa email yang Anda masukkan ketika mendaftar adalah email Anda sendiri, bukan email orang lain. Tindakan ini juga bertujuan untuk menyatakan “persetujuan” Anda SECARA TEKNIS untuk menerima berbagai macam follow up dari si pemilik ebook di masa mendatang.
.
Dari segi cyberlaw, sistem email konfirmasi seperti ini merupakan salah satu syarat atau kriteria agar sebuah sistem pengiriman email tidak disebut sebagai SPAM. Artinya, bila si pemilik ebook menerapkan sistem konfirmasi email ini dengan baik dan benar, maka dia tidak akan terjerat hukum dengan tuduhan mengirim email SPAM.
.
Pada setiap email yang terkirim, selalu ada link atau prosedur otomatis untuk melakukan unsubscribe. Artinya, Anda bebas untuk berhenti berlangganan atau berhenti menjadi anggota kapan saja Anda inginkan. Artinya bila Anda tidak suka pada pesan-pesan email yang dikirim oleh si pemilik ebook, ya silahkan berhenti saja jadi anggota. Gampang, kan?
.
Sebagai pendaftar, kemungkinan besar Anda tidak akan merasa terganggu oleh pesan-pesan email yang Anda terima. Kenapa? Karena sebelumnya Anda – misalnya – mendaftar untuk mendapatkan ebook mengenai bisnis online, dan Anda memang tertarik pada bisnis online. Lantas, si pemilik ebook pun mengirimi Anda pesan email secara rutin yang berisi penawaran dan peluang bisnis online tertentu. Bila Anda memang benar-benar punya minat yang besar terhadap bisnis online, saya yakin Anda tak akan terganggu oleh pesan-pesan seperti ini. Justru, Anda akan merasa sangat senang dan antusias untuk membaca penawaran-penawaran tersebut.
.
Kalapun akhirnya Anda tidak suka pada pesan-pesan follow up mereka, ya gampang saja. Solusinya tercantum pada poin 3 di atas

Jadi singkat cerita:

Pembagian ebook gratis tersebut sebenarnya merupakan salah satu MARKETING TOOL yang digunakan oleh para internet marketer.

Karena itu adalah marketing tool mereka, maka sangat tidak beralasan bagi kita untuk ragu atau takut terhadap kemungkinan penipuan dan seterusnya.

Kenapa tidak perlu takut ditipu?

Sebab kita akan mendapatkan ebook secara gratis. Kita tidak perlu membayar apapun. Kita tidak perlu memberikan nomor kartu kredit kita. Nothing to loosedeh, pokoknya. Apa yang Anda ragukan dari penawaran yang sama sekali tidak memberatkan dan tidak merugikan Anda seperti ini? Anda tidak akan kehilangan apapun. Insya Allah aman deh!

Tapi bagaimana bila mereka nanti menggunakan email saya untuk hal-hal yang tidak baik? Dijual kepada spammer misalnya?


Ya, kemungkinan seperti ini tentu ada. Walau berdasarkan pengalaman saya yang sangat rajin mendaftarkan diri ke ratusan situs untuk mendapat ebook gratis, saya BELUM PERNAH menghadapi kasus yang buruk seperti ini.

Tapi bila Anda masih ragu atau takut, sebenarnya ada LANGKAH AMAN yang bisa Anda lakukan:

Buatlah sebuah email khusus yang diperuntukkan untuk mendaftarkan diri pada situs-situs ebook gratis tersebut. JANGAN GUNAKAN EMAIL UTAMA ANDA. Di internet kan banyak penyedia layanan email gratis seperti Gmail dan Yahoo! Mail. Silahkan manfaatkan sebaik-baiknya. Anda bebas mendaftarkan accountemail sebanyak mungkin di sana.

Dengan membuat email khusus cara ini, maka insya Allah email utama Anda aman. Bila nanti ternyata si pemilik ebook adalah spammer dan sebagainya, lalu mereka membombardir email Anda dengan SPAM dan pesan-pesan tak penting lainnya, maka tak perlu khawatir! Itu bukan email utama Anda, bukan? Maka, tinggalkan saja email tersebut. Anda tidak akan kehilangan apapun, sebab email khusus tersebut selama ini hanya Anda gunakan untuk mendaftarkan diri ke layanan ebook gratis, bukan untuk urusan penting apapun.

Gampang, kan?

Sudah Dapat Ebook Gratis, Dapat Dolar Pula!

Ya, hal seperti ini kadang-kadang terjadi. Demi untuk mendapatkan list building(yang bagi mereka sangat berharga), banyak internet marketer yang rela membayar siapa saja yang berhasil mereferensikan orang lain untuk mendownload ebook gratis tertentu. Saya pernah mengikuti program seperti ini. Setiap kali merekomendasikan satu orang, saya mendapat komisi $1. Dan tahukah Anda? Dari program yang sangat gampang ini saya sempat menghasilkan $12 USD hanya dalam waktu satu hari!

Klik di sini untuk melihat cerita selengkapnya.

* * *

Tampilannya Seperti Situs Penipuan?

Ya, kebanyakan penawaran ebook gratis memang ditampilkan pada website-website yang desainnya sederhana dan “terkesan norak”. Bahasanya terkadang bombastis. Ini menyebabkan banyak orang yang curiga, khawatir jangan-jangan itu situs penipuan.

Sebenarnya, kita tidak bisa menilai sebuah situs hanya dari penampilannya. Anda mungkin tahu istilah phising website, yakni website bohongan yang desainnya dibuat mirip dengan website yang asli. Bagus, keren dan terlihat sangat profesional. Salah satu yang terkenal adalah website phising yang meniru Yahoo!. Karena tampilannya sama persis dengan Yahoo!, maka banyak orang yang tanpa ragu-ragu memasukkan username dan password Yahoo!mereka di sana. Dengan cara ini, si penipu berhasil mendapatkan akses untukmencuri account Yahoo! Anda!.

Itu adalah contoh penipuan di internet yang tampil di sebuah situs yang tampilannya terlihat sangat keren dan profesional. Sementara situs penawaran ebook gratis justru banyak yang tampil dengan desain seadanya. Dan saya sudah membuktikan bahwa HAMPIR SEMUA website seperti ini bukan penipuan.

Singkat cerita: Jangan tertipu oleh penampilan. Jangan buru-buru membuat penilaian hanya gara-gara tampilan atau desain sebuah website. Saya pernah membahas masalah ini. Klik di sini untuk membaca artikelnya.

* * *

Oke….

Semoga dengan penjelasan di atas, mulai sekarang tidak ada lagi di antara Anda yang ragu atau takut atau bingung bila mendapat tawaran ebook gratis atau yang semacam itu di internet.


Nah, bila Anda ingin mendapat update berita-berita terbaru mengenai penawaran ebook gratis yang tersedia di internet, silahkan daftarkan email Anda di sini. Setelah terdaftar, insya Allah nanti saya akan mengirimi Anda pesan email SETIAP KALI adan penawaran ebook gratis yang baru.



=====================



Keterangan:

(*) Program ebook Gratis dari TDW University ini sudah berakhir pada tangal 5 Mei 2009 lalu. Jadi bila sekarang Anda mengklik link-nya, isinya sudah berupa sebuah layanan elearning yang berbayar.

(**) SPAM adalah email atau pesan apapun yang tidak Anda sukai, datang tanpa Anda minta, berisi penawaran atau pesan apapun yang tidak Anda minati. SPAM biasanya membuat privasi Anda terganggu. Info lebih lengkap mengenai SPAM bisa dibaca di sini.

0 komentar