Rabu, 16 Mei 2012

Olahraga Saat Lapar Membakar Lebih Banyak Lemak




Berolahraga dengan perut kosong sama sekali bukanlah ide yang buruk. Justru pada kondisi seperti itu bisa berdampak positif bagi yang ingin membakar lemak lebih banyak. Memang kebanyakan atlet makan sebelum menjalani latihan. Namun, sejumlah ilmuwan mengatakan jika seseorang ingin membuang lebih banyak lemak disarankan untuk tidak makan atau ngemil sebelum latihan.

Sejumlah studi menemukan, berlatih saat tubuh lapar menjadi cara terbaik untuk membuang kelebihan lemak. Dalam laporan terbarunya, para peneliti di Eropa menemukan, pengendara sepeda yang berlatih dalam kondisi perut kosong membakar lebih banyak lemak dibandingkan mereka yang makan sebelum berolahraga.

Memang, otot biasanya mendapatkan energi dari karbohidrat. Tetapi jika tubuh tidak makan sebelum berlatih, tubuh tidak cukup memiliki cadangan karbohidrat, sehingga memaksa tubuh membakar lemak.

Profesor fisiologi dari Leuven University, Belgia, Peter Hespel, mengatakan, berolahraga dengan perut kosong dapat meningkatkan adrenalin dan merendahkan kadar insulin. Rasionya memungkinkan otot-otot untuk beroksidasi (memecah) lebih banyak asam lemak.

Hespel dan timnya lebih mengamati dampak tidak makan sebelum olahraga pada orang muda yang sehat. Namun, dia menduga metode ini juga dapat diterapkan pada penderita diabetes.

Olahraga tanpa makan menghasilkan otot-otot yang bekerja lebih baik dalam menyerap glukosa, yang penting untuk mencegah diabetes. Hespel mengatakan, hal itu akan membantu penderita diabtes mengontrol kadar insulin mereka.

0 komentar