Minggu, 19 Agustus 2012

Lebih Mudah Dengan Teknologi GPS


GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan.

Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi, kecepatan, percepatan ataupun waktu yang teliti. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter (orde nol) sampai dengan puluhan meter.


Beberapa kemampuan GPS antara lain dapat memberikan informasi tentang posisi, kecepatan, dan waktu secara cepat, akurat, murah, dimana saja di bumi ini tanpa tergantung cuaca. Ketelitian dari GPS dapat mencapai beberapa mm untuk ketelitian posisinya, beberapa cm/s untuk ketelitian kecepatannya dan beberapa nanodetik untuk ketelitian waktunya.

Ketelitian posisi yang diperoleh akan tergantung pada beberapa faktor yaitu metode penentuan posisi, geometri satelit, tingkat ketelitian data, dan metode pengolahan datanya.

Beberapa model GPS untuk mobil bukan hanya untuk menampilkan lokasi di peta, namun juga bisa memberikan saran pilihan jalan mana saja yang bisa ditempuh setelah pengemudi menentukan terlebih dahulu lokasi tujuan.


Model yang dilengkapi berbagai sensor seperti drivetrain, gyroscope, dan accelerometer yang dapat memberikan informasi lebih detail, seperti sudut kemiringan, kecepatan, hingga apakah mobil berada dalam terowongan atau tidak.

Fitur teranyar yang tersedia pada GPS receiver adalah tampilan 3D, sehingga pengemudi tidak hanya mengetahui lokasi mobil dipeta, namun juga bangunan apa saja yang ada disekelilingnya.

Terdapat pula beberapa sistem yang hampir sama dengan GPS diantaranya adalah GLONASS, Galileo, dan Compass. Berikut adalah penjelasannya.

Global Navigation Satellite System (GLONASS) adalah versi GPS milik Rusia. GLONASS bisa menyediakan alternative atau juga menambah informasi GPS. Sekarang ini GLONASS adalah satu-satunya sistem navigasi dengan cakupan global dan tingkat presisi yang sebanding, jika tidak lebih baik pada beberapa daerah terutama di Rusia ketimbang GPS.


Beberapa produsen GPS untuk mobil sudah mendukung GLONASS pada perangkat mereka terutama pada produk yang dipasarkan di Eropa. Sehingga pengemudi dapat memperoleh informasi dari kedua sistem tersebut dengan satu perangkat yang sama.

Beberapa negara lain juga mulai membangun sistem navigasi mereka sendiri agar tidak terlalu bergantung pada Amerika dan Ruisa. Uni Eropa saat ini sedang membangun Galileo, yaitu sistem navigasi yang mempunyai fungsi yang sama dengan GPS dan GLONASS.

Negara Cina pun mempunyai proyek sistem navigasi satelit independen bernama BeiDou Navigation System atau juga yang sering disebut dengan nama Compass. Pemerintah Cina berharap agar Compass dapat mencapai cakupan global pada tahun 2020.

0 komentar