Sabtu, 06 Oktober 2012

Asupan Pelindung Kulit dari Terik Matahari

detail berita
SELAIN dari luar, perawatan kecantikan dan kesehatan kulit bisa dilakukan dari dalam. Tidak selalu dengan losion tabir surya, tetapi juga asupan-asupan bernutrisi.    
Melindungi diri dari terik matahari tidak hanya dengan memakai losion tabir surya pada wajah, mengenakan topi, atau sarung tangan. Anda perlu melindungi diri dari dalam.

Dengan melindungi kulit dari terik matahar, Anda terhindar dari masalah perubahan warna kulit, kulit terbakar mataharo, kering, dan keriput. Selain itu, Anda juga bebas dari kanker kulit yang merupakan akumulasi dari kerusakan kulit yang tidak segera ditangani.

Berikut ini nutrisi alami yang dibutuhkan kulit untuk mendapatkan perlindungan dari dalam, sebagaimana dilansir Boldsky.

Teh hijau

 
Saat cuaca sedang terik, kita sering merasa haus sehingga minum banyak air. Jika Anda pikir soft drink merupakan minuman terbaik untuk melepas dahaga, segeralah beralih ke teh hijau.

Selain jauh lebih aman bagi kesehatan tubuh, kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat ganda. Pasalnya, antioksidan tersebut dapat segera memulihkan energi tubuh dari dalam dan melindungi kulit dari penuaan berkat sifat anti-aging di dalamnya. Antioksidan pun berfungsi sebagai pelindung dari sel kanker, sehingga kulit Anda senantiasa terlindungi dari dalam.
 
Air kelapa

 
Tubuh memerlukan sesuatu untuk mendinginkan tubuh dari dalam saat cuaca terik. Air kelapa dingin bisa menjadi pilihan terbaik.

Air kelapa banyak dikonsumsi sebagai minuman elektrolit yang mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh dan saluran pencernaan Anad.

Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi, sehingga kulit pun tidak kering. Air kelapa pun dapat membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus.

Kakao

 
Bubuk kakao alami merupakan salah satu makanan terbaik di musim panas. Tingginya kandungan antioksidan yang terdapat dalam kakao melindungi Anda dari ancaman kanker kulit, juga memiliki sifat anti-inflamasi yang menenangkan tubuh. Campurkan bubuk kokoa alami tersebut dengan susu dan es sebagai minuman terbaik saat terik.

Sayuran
hijau
 
Sayuran hijau akan selalu ada dalam daftar makanan kesehatan. Sayuran hijau dapat memberikan zat besi, vitamin, mineral, manfaat anti-penuaan, dan memberikan perlindungan dari matahari.

Johns Hopkins University di Amerika Serikat telah melakukan penelitian menguraikan manfaat brokoli sebagai tabir surya. Menurut mereka, satu porsi brokoli setiap hari dapat memberikan perlindungan lebih terhadap kanker kulit dari seluruh botol losion tabir surya Anda.

Ikan
Tidak hanya menyehatkan jantung, tetapi asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan juga ramah bagi kulit. Minyak ikan memberikan perlindungan maksimal terhadap jenis kanker kulit paling mematikan, melanoma. Jadi, makanan laut dan ikan baik untuk mencegah sengatan matahari.

0 komentar