Rabu, 03 Oktober 2012

Cara Mudah Menebar Kebaikan di Twitter



Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang paling digandrungi. Sayang, situs 140 karakter ini kerap kali malah jadi sarana mencela kepada pihak lain. Padahal gampang kok menebar kebaikan di Twitter.

Berikut 10 cara mudah menebar kebaikan yang dilansir pengamat media sosial Brett Borders yang dilansir dari Copybrighter:

1. Katakan dengan senyuman :)
Ini merupakan cara yang paling sederhana, namun mengena. Tambahkan ikon 'smile' atau tanda ':)' di akhir postingan Anda yang bernada positif atau ekspresif. 

Tak perlu banyak emoticon yang malah akan mengganggu, cukup ikon yang simple, sebuah senyuman. Pasti mereka yang menerima tweet tersebut akan lebih berasa.


2. Ungkapkan pujian dan kasih sayang
Tak ada ruginya kan memberi pujian kepada orang lain jika memang mereka pantas mendapatkannya. Misalnya teman Anda baru saja memposting tulisan di blognya, maka tak ada salahnya 'memberi tahu kepada dunia' kalau itu bagus. "nice blog!" atau pilih kalimat yang kiranya sesuai.

Bisa juga dengan kata-kata slang, seperti "you rock", "high five", atau sikap afeksi seperti "hugs", dan lainnya.


3. Akrab Tapi bukan sok akrab 
Menggunakan sapaan yang terdengar lebih akrab. Misalnya kalau sekarang kata yang cukup banyak digunakan adalah 'bro'. Jika di negara barat yang familiar adalah 'dude' atau 'man'.


4. Jangan pelit respons
Ketika ada seseorang yang memention Anda, berarti ia ingin menjalin tali koneksi dengan Anda.Nah, tinggal bagaimana dengan Anda? Ingin meresponsnya atau tidak?

Tentu saja, yang baik adalah meresponsnya. Namun bukan berarti Anda harus seperti mesin yang selalu merespons apapun setiap saat. Setidaknya, tetap menjaga jalinan komunikasi yang baik.


5. Apresiasi dan terima kasih
Mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi juga sudah menjadi sesuatu yang baik. Artinya Anda mengakui apa yang telah mereka perbuat. Apalagi jika hal ini dilakukan di tempat publik. 


6. +999
Istilah di atas biasanya digunakan untuk menyatakan Anda setuju tentang suatu hal. Jangan salah, ini juga bisa dianggap Anda mendukung orang yang melontarkan kicauan tersebut yang pastinya sangat berarti bagi mereka.


7. Promosi
Setiap orang pasti ingin disorot ketika melakukan sesuatu yang bagus. Anda juga bisa melakukan hal demikian. Cara ini pun bisa dibilang turut mempromosikan teman Anda dan hasil karyanya.


8. Menawarkan bantuan
Menawarkan bantuan terhadap orang lain juga bisa menjadi aksi kebaikan yang bisa Anda lakukan di Twitter. Bantuan yang ditawarkan bisa berbagai macam. Cara paling sederhana adalah dapat memberi pencerahan terkait hal yang Anda kuasai. 


9. Hindari hal negatif
Inilah yang belakangan disayangkan di Twitter. Ia menjadi sarana bullying, caci maki, dan hal negatif lainnya. Anda boleh bersebarangan dalam hal pemikiran, tapi menolaknya tidak dengan cara yang kasar. Banyak cara lebih sopan untuk mengekspresikan diri.



0 komentar