Rabu, 14 November 2012

Cara meningkatkan kualitas udara dalam ruangan


Polusi udara yang semakin parah di luar rumah, terutama untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan tentu akan membuat Anda lebih senang berada di dalam ruangan. Memang, di dalam ruangan udara lebih terasa bersih dibandingkan di jalanan. Tetapi tunggu dulu, belum tentu kualitas udara di dalam ruangan lebih baik. Udara dalam ruangan juga memiliki polutan yang memiliki kadar dua hingga 50 kali lebih tinggi daripada di luar. Untuk memastikan udara dalam ruangan Anda lebih bersih, ada baiknya Anda terapkan beberapa hal yang disarankan oleh Yahoo! Shineberikut ini.

1. Jangan ijinkan asap rokok
Kebanyakan perokok pasif menghirup asap rokok saat berada dalam ruangan. Cara terbaik untuk membersihkan udara di ruangan Anda, sekaligus menurunkan risiko terkena kanker paru-paru dan penyakit lainnya adalah dengan tidak mengijinkan ada asap rokok di dalam ruangan.

2. Jangan semprotkan pengharum ruangan
Menghirup pengharum ruangan yang mengandung 1.4-dichlorobenzene secara teratur bisa mengurangi fungsi paru-paru Anda hingga 4%. Untuk menggantinya lebih baik gunakan minyak aroma esensial.

3. BUka jendela secara teratur
Bahkan jika Anda hidup di rumah yang sangat modern, Anda tetap membutuhkan sirkulasi udara dalam rumah Anda. Ruangan yang tak memiliki akses udara keluar lebih mengandung banyak polutan dibandingkan ruangan yang secara teratur dibuka.

4. Hindari membawa zat-zat kimia ke dalam rumah
Zat kimia yang jarang Anda sadari adalah zat yang digunakan oleh laundry, sepertitrichloroethylene dan perchloroethylene. Zat-zat ini telah lama dikaitkan dengan kerusakan ginjal dan sistem saraf. Sebaiknya gantung baju Anda di luar selama beberapa saat sebelum dibawa ke dalam rumah.

5. Keluarkan polutan mikroskopis dalam ruangan
Menghirup segala hal yang dihasilkan oleh pembakaran bisa membuat Anda sesak nafas atau lebih buruk. Pastikan barang-barang Anda bekerja dengan baik dan bersih, seperti alat pemanas, pengering pakaian, dan yang lainnya. Jika Anda menggunakan kompor, pastikan juga Anda memiliki cukup ruangan dan ventilasi yang membuat asap tak berkumpul di dalam ruangan.

6. Taruh tanaman dalam ruangan
Tanaman hidup bisa sangat efektif untuk membersihkan udara dalam ruangan. Tanaman bisa menjadi penyaring udara yang bahkan mengalahkan peralatan modern lainnya. Saat siang hari tanaman akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen sehingga membuat ruangan Anda lebih segar. Namun ingat, Anda harus mengeluarkan tanaman yang ada di kamar tidur Anda saat malam hari, karena tanaman akan menghasilkan karbon dioksida dan menyerap oksigen pada malam hari.

7. Hindari zat kimia dari dekorasi rumah
Tirai linen baru bisa mengeluarkan zat formaldehyde yang bisa memicu alergi, asma, mual, batuk, sesak nafas, dan lainnya. Pastikan Anda mencuci semua dekorasi ruangan seperti tirai, alas tempat tidur, dan pakaian baru sebelum digunakan. Anda bisa mengurangi kadar formaldehydehingga 60%.

Itulah tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan rumah Anda, serta mengurangi polutan yang bisa berbahaya di dalam rumah. Kini, udara di ruangan Anda akan jadi lebih bersih dan segar.

0 komentar