Senin, 18 Maret 2013

Pesawat Sipil Terbesar

pesawat penumpang sipil adalah pesawat terbang atau pesawat udara yang digunakan untuk mengangkut penumpang sipil beserta bagasi dan kargo (dengan kapasitas tertentu). Dari berbagai tipe pesawat penumpang yang pernah dibuat, berikut adalah pesawat-pesawat sipil terbesar yang pernah dibuat:

Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya merupakan pesawat terbesar kedua didunia yang dibuat oleh Perusahaan Antonov. Nama belakang pesawat ini Мрія (Mriya) yang dalam bahasa Ukraina berarti Mimpi atau Inspirasi.



Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya СССР-82060) sampai sekarang.

Sebenarnya, pesawat ini akan dibuat dua unit. Namun hanya satu yang selesai dan digunakan (UR-82060), sedangkan yang kedua dijadwalkan rampung pada tahun 2008 lalu ditunda. Sampai Agustus 2009, pesawat kedua tidak rampung juga dan pengerjaannya telah ditinggalkan.


Airbus A340



Airbus A340 adalah pesawat penumpang komersial berukuran besar yang diproduksi oleh Airbus. Memiliki desain yang mirip dengan tipe Airbus A330 tetapi A340 menggunakan empat mesin tidak hanya dua seperti A330. Ditujukan untuk menggantikan pesawat generasi sebelumnya seperti Boeing 747 tetapi varian terakhir ini sekarang bersaing dengan Boeing 777. Lebih dari 370 A340 dioperasikan di seluruh dunia pada September 2010. Produksi A340 resmi ditutup pada paruh ketiga tahun 2011.


Airbus A380

Airbus A380 yang diproduksi oleh Airbus S.A.S. adalah sebuah pesawat dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan telah memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat (dijuluki Superjumbo).



Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Engine Alliance GP 7200 (sebuah perusahaan patungan General Electric dengan Pratt & Whitney), dengan daya dorong 37.003 kg.

Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya (semua fasilitas ini disediakan sebagai opsi, tergantung pesanan maskapai).

Antonov An-124 Ruslan




Antonov An-124 Ruslan adalah pesawat terbang terbesar yang pernah diproduksi sampai Airbus A380 diproduksi. An-225 Mriya, merupakan pengembangan desain dari pesawat Antonov ini. An-124 adalah Pesawat kedua terbesar di dunia serial produksi pesawat kargo dan ketiga terbesar di dunia operasi pesawat kargo, nomer satu adalah Antonov An-225 (varian besar dari An-124) dan Boeing 747-8F.Pertama diterbangkan pada tahun 1982, sertifikasi sipil dikeluarkan pada tanggal 30 Desember 1992 Sebanyak 40 dalam pelayanan (26 model sipil dengan maskapai penerbangan dan 10 pesanan perusahaan per Agustus 2006) dan 20 berada di penggunaan komersial pada tahun 1998 di Ukraina, Rusia, Uni Emirat Arab dan Libya.


Antonov An-22 Antei



Antonov An-22 Antei adalah pesawat terberat dunia, sampai munculnya Galaxy C-5 Amerika dan kemudian Soviet An-124. Didukung oleh empat mesin turboprop setiap mengemudi sepasang kontra-baling-baling berputar, desain tetap terbesar di dunia pesawat bertenaga turboprop. Ini pertama kali Muncul di luar Uni Soviet di Paris Air Show 1965.(**)

Boeing 747 Jumbo Jet

Boeing 747, juga dikenal sebagai Jumbo Jet, adalah pesawat penumpang terbesar kedua saat ini, setelah pesawat A380 beroperasi pada akhir Oktober 2007. Pesawat empat mesin ini, diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, menggunakan konfigurasi dua dek dimana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas mampu menampung 400 penumpang dan konfigurasi 1-kelas mampu menampung 600 penumpang.



747 dapat terbang pada kecepatan yang tinggi (umumnya 0,85 Mach atau 909 kilometer per jam) dan mampu terbang antara benua (dengan jarak maksimum 13.570 km sampai 15.000 km). Pada tahun 1989, Qantas terbang tanpa henti dari London ke Sydney, jarak penerbangan tersebut adalah sejauh 18.000 km dan di selesaikan dalam waktu 20 jam 9 menit. Namun penerbangan itu tidak mengangkut penumpang maupun kargo (pesawat kosong). Pada Mei 2004, 1382 pesawat Boeing 747, dengan berbagai konfigurasi, telah diperbaiki atau disempurnakan, menjadikan 747 salah satu produk Boeing yang paling sukses.


Boeing 747-8



Boeing 747-8 adalah pesawat komersial berbadan lebar yang sedang dikembangkan oleh Boeing Commercial Airplanes. Secara resmi Boeing mengumumkan proyek ini pada tahun 2005, evolusi 747-8 adalah varian terbaru dari Boeing 747, dengan memperpanjang badan pesawat, merancang ulang sayap dan peningkatan efisiensi bahan bakar.pesawat ini juga mampu terbang dengan kecepatan 0,85 mach(917 km/h) dan merupakan pesawat subsonik tercepat didunia.


Boeing 747 Large Cargo Freighter
Boeing 747 Large Cargo Freighter (LCF) atau Dreamlifter adalah pesawat kargo berbadan lebar dan kargo loader terpanjang dunia.Dibangun oleh perubahan drastis yang ada Boeing 747-400 , digunakan khusus untuk mengangkut bagian pesawat Boeing dari pemasok di seluruh dunia.



Boeing Commercial Airplanes mengumumkan pada tanggal 13 Oktober 2003, karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman barang dari darat dan pelayaran laut , angkutan udara adalah metode utama mengangkut suku cadang untuk Boeing 787Dreamliner(kemudian dikenal sebagai 7E7). Awalnya tiga penumpang pesawat 747-400 yang digunakan itu harus diubah menjadi konfigurasi outsize untuk feri sub-rakitan dari Jepang dan Italia untuk North Charleston, South Carolina dan kemudian keWashington untuk perakitan akhir, tetapi keempat kemudian ditambahkan ke program. Large Cargo Freighter memiliki pesawat menonjol mirip dalam konsep ke Super Guppy dan Airbus beluga, yang juga digunakan untuk mengangkut sayap dan bagian pesawat. Hal ini dapat menggelar tiga kali volume-400F dari pesawat barang 747.


Tupolev ANT-20 Maxim Gorky

Tupolev ANT-20 Maxim Gorky adalah pesawat bermesin delapan milik Soviet, yang terbesar dari tahun 1930-an. Lebar sayapnya mirip dengan Boeing 747 versi modern.



ANT-20 ini dirancang oleh Andrei Tupolev, menggunakan teknologi badan pesawat yang keseluruhannya logam, dan dibangun antara 4 Juli 1933 dan April 3, 1934. Pesawat itu dinamai Maxim Gorky dan didedikasikan untuk 40 tahun aktivitas sastra dan publik. ANT-20 adalah pesawat terbesar yang diketahui pernah menggunakan filosofi desain Junkers dimana lembaran logam bergelombang untuk banyak komponen kunci badan pesawat itu, terutama lembaran logam bergelombang yang membungkus badan pesawat.


Dornier Do X

Dornier Do X adalah pesawat perahu, terbesar, terberat, dan paling kuat di dunia saat itu diproduksi oleh perusahaan Dornier dari Jerman pada tahun 1929. Pertama Diciptakan oleh Dr Claudius Dornier pada tahun 1924. Perencanaan dimulai pada tahun 1925-an dan lebih dari 240.000 jam kerja setelah akhirnya selesai pada Juni 1929.



Selama tahun-tahun antara dua Perang Dunia, hanya Tupolev ANT-20 Maxim Gorki Rusia yang menyamai Dornier Do X. Do X dibiayai oleh Kementerian Transportasi Jerman dan dalam rangka untuk menghindari kondisi Perjanjian Versailles, yang melarang setiap pesawat melebihi kecepatan tertentu akibat ketentuan setelah Perang Dunia I. Dornier dirancang khusus dan dibangun di Altenrhein , di Danau Constance bagian Swiss.(**)




Sumber : uniknya.com

0 komentar