Minggu, 17 Maret 2013

Cara Memperingan Kinerja Ponsel Android



Setelah beberapa bulan menggunakan handset Android biasanya kita akan menemukan masalah kinerjanya semakin melambat. Nah jika Sobat ingin mengembalikan kecepatan kinerja ponsel Android menjadi ringan/cepat seperti sedia kala, berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

Mematikan Live Wallpaper
Live Wallpaper akan memaksa ponsel kita terus bekerja karena harus menampilan animasi yang juga terus berjalan. Dengan mematikan fitur ini gerakan scroll di desktop ponsel kita akan terasa lebih ringan dan lancar.

Kurangi Penggunaan Widget
Widget adalah elemen UI yang menyuguhkan informasi yang kita inginkan. Jika kita terlalu banyak memasang widget, maka memori ponsel akan terkuras karena harus mengupdate informasi setiap saat. Dengan mengaktifkan widget yang perlu saja maka memori ponsel tidak akan terbuang percuma dan kinerja ponsel pun akan jadi lebih cepat.

Matikan aplikasi yang berjalan di background
Aplikasi berjalan sudah tentu memakan memori dan mengurangi kecepatan kinerja ponsel kita. Untuk itu jika aplikasi sudah tidak digunakan, sebaiknya jangan menekan tombol home pada ponsel, karena langkah ini tidak akan mematikan aplikasi. Untuk mematikan aplikasi, tekan tombol back pada aplikasi yang sedang digunakan.

Nonaktifkan auto update apps

Memang kita ingin jika semua aplikasi kita sudah dalam keadaan paling update. Namun jika kita membiarkan aplikasi melakukan auto update maka hal ini akan membebani kinerja ponsel. Sama halnya dengan di PC, saat auto update aplikasi berjalan biasanya akan memakan banyak memori.

Pindahkan aplikasi ke MicroSD
Pada platform Android terdapat fitur move apps to SD. Manfaatkan fitur ini. Karena semakin sedikit aplikasi yang terinstall di memori internal maka akan semakin ringan dan lancar ponsel kita.


Semoga bermanfaat.(**)



source

0 komentar