Kamis, 06 Februari 2014

Cara Meng-Undo Email yang Terlanjur Terkirim



Screenshot Mungkin Anda terburu-buru ingin membalas email atau terjadi kesalahan, misalnya salah pencet. Sehingga, balasan email yang belum sempurna, menjadi terkirim tidak sengaja.

Jangan khawatir, karena Google telah menyediakan pengaturan untuk mengaktifkan fungsi undo pada email yang baru saja terkirim. Fitur ini sangat mudah diakses oleh pengguna.

Berikut langkah-langkahnya, seperti diungkap Businessinsider
Apabila pengguna terlanjur mengirim email, pengguna bisa melakukan undo dengan batasan waktu sekira 30 detik.

Fungsi undo ini akan me-recall kembali email tersebut. Pertama-tama, pilih pengaturan atau settings yang terletak di kanan atas layar pada jendela Gmail. 

Pengguna bisa mencari lambang gerigi dan mengkliknya, kemudian memilih pengaturan. Lalu, pengguna bisa mengklik Labs pada jejeran pilihan horizontal yang terletak di atas layar.

Setelah itu, pengguna bisa menggeser turun (scroll down) ke halaman bawah untuk mencari Undo Send. Ada pilihan Enable atau Disable di bagian kanan, pilih Enable.

Setelah opsi Enable dipilih, kemudian klik Save Changes. Sekarang, pengguna sudah bisa melakukan Undo pada email yang baru saja terkirim dengan melihat kotak kuning dengan teks "Your message has been sent. 'Undo'. View Message".

Pilih Undo, sehingga email bisa ditarik kembali dari Sent Items. Email yang di-recall ini akan masuk ke kantong Draf.

Perlu diingat, kotak kuning dengan teks yang disebutkan di atas hanya bertahan selama 10 detik pada posisi default. Untuk membuat menjadi 30 detik, pengguna bisa mengakses Settings -> General -> pilih waktu Undo Sent menjadi 30 detik dan klik Save Changes

0 komentar