Rabu, 05 Februari 2014

Etika Makan Unik dari Penjuru Dunia


KETIKA bicara makan, setiap orang punya gaya masing-masing. Namun, bila bertandang ke tempat lain, ada etika yang semestinya dijunjung.

Orang Asia biasanya makan gorengan menggunakan tangan telanjang sementara warga Amerika ataupun Eropa memakai garpu dan pisau. Namun, ketika bicara etika, apa yang dianggap sopan di Polandia mungkin tabu di Djibouti. Berikut adalah daftar beberapa negara yang memiliki etika makan unik, seperti dilansir dari Thrillist


Thailand
Di Thailand, Anda dianggap aneh bila menaruh makanan di mulut menggunakan garpu. Sebaliknya, garpu digunakan untuk mendorong makanan ke sendok, yang kemudian dimasukkan ke dalam mulut Anda.

Raja Chulalongkorn memperkenalkan peralatan makan fine dining untuk warga Thailand setelah kunjungannya ke Eropa pada tahun 1897. Dari sinilah gaya makan seperti itu berlaku di Negeri Gajah Putih.

Jepang
Menyeruput mi dan sup dari mangkuk sambil mengeluarkan suara keras bisa diterima di Jepang. Tindakan tersebut memberi isyarat kepada tuan rumah bahwa Anda sangat menikmat hidangan yang disajikan dan memungkinkan Anda menikmati makanan panas lebih cepat.

Timur Tengah dan India
Dianggap tabu bila Anda makan dengan tangan kiri pada beberapa negara di Timur Tengah dan India. Terdapat pembagian kerja antara tangan kanan dan tangan kiri. Tangan kanan untuk mengambil makanan dan aktivitas "baik" lainnya sedangkan tangan kiri untuk kegiatan buang hajat. Tabu bisa tidak berlaku untuk mereka yang kidal.

Korea Selatan
Di Korea Selatan, tak seorang pun boleh menyantap hidangan di meja makan sampai orang tertua atau paling senior mulai makan. Jika ada kembar duduk berdampingan, maka yang lahir lebih dulu lah yang makan duluan. 

==========================================


ETIKA makan bukan sekadar tren yang akan hilang dalam sekejap. Lebih dari itu, norma tidak tertulis ini menjadi tradisi yang terbangun lama dan turun temurun.

Bila Anda berkesempatan menyambangi negara lain, etika makan yang berlaku sudah semestinya Anda junjung sebagai bentuk penghormatan. Berikut adalah daftar beberapa negara yang memiliki etika makan unik, seperti dilansir dari Thrillist:

Italia
Jangan pernah meminta pelayan restoran taburan keju pada pesanan menu seafood Anda. Itu dianggap sebagai dosa kardinal, dengan mencampur ikan dan keju parmesan. Memang, ini adalah sebuah kepercayaan lama, dan anggapan tersebut saat ini mulai berubah.

Kanada

Dalam beberapa budaya Inuit di Kanada, adalah tindakan apresiasi bila Anda buang gas setelah makan.

China
Membiarkan sumpit tegak dalam mangkuk nasi adalah tabu di China. Melakukannya mengingatkan orang di sekitar Anda akan persembahan makan seremonial kepada orang mati. Anda juga tidak boleh menunjuk orang lain saat makan dengan sumpit, meletakkan sumpit di atas meja dengan cara mengarah ke orang lain, atau menggunakan sumpit terbalik.

Jepang
Piring kosong berarti hal yang berbeda untuk budaya yang berbeda. Di India dan Jepang, sangat penting untuk Anda menghabiskan makanan di piring karena tuan rumah tahu bahwa Anda menikmati makanan yang mereka hidangkan. Namun di China, itu dianggap kasar dan berarti bahwa Anda tidak makan dengan porsi yang cukup.

0 komentar