Rabu, 05 Desember 2012

Cara tepat merawat DVD agar lebih awet



Suka mengoleksi DVD? Pasti sebal kalau barang koleksi itu cepat rusak. Untuk mengatasi hal itu, coba simak cara tepat merawat DVD agar lebih awet seperti yang dilansir dari mb.com.ph  berikut ini.

Tempat khusus DVD
Jangan pernah membiarkan DVD berantakan kalau mau koleksi tersebut tetap awet. Siapkan tempat khusus untuk menyimpan DVD agar tidak terkena debu. Tempat DVD yang disarankan adalah yang terbuat dari plastik kaku tebal agar lebih aman dari kerusakan.

Cara memegang DVD
Cara yang benar ketika memegang DVD adalah mengapitnya di antara lubang dan pinggiran keping DVD. Sebab menyentuh bagian permukaan DVD bisa memicu kerusakan pada isinya.

Membersihkan DVD
Debu adalah musuh utama DVD. Untuk mengatasinya, bersihkan DVD secara teratur dengan pembersih khusus dan bulu-bulu halus. Hindari membersihkan DVD dengan kain atau bahkan menggosoknya dengan keras. Bagian depan dan belakang DVD pun harus dibersihkan dua-duanya dengan hati-hati.

Matahari dan panas
Lapisan pewarna DVD sangat rentan terhadap cahaya matahari dan panas yang esktrem. Kalau sudah rusak karena dua hal itu, isi DVD bisa-bisa tidak terbaca. Jadi, simpan DVD di tempat yang kering dan jauh dari jangkauan sinar matahari atau panas.

Pemutar DVD
Selain merawat DVD, kebersihan pemutar DVD juga perlu diperhatikan. Bersihkan pemutar DVD secara teratur dengan hati-hati setiap enam bulan sekali.

Menandai DVD
Kalau ingin menandai atau memberi label pada DVD, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, memberi label pada tempat DVD. Kedua, menempelkan stiker lingkaran penuh sesuai bentuk DVD dan menuliskan labelnya di sana. Ketiga, kalau ingin langsung menandai DVD, maka gunakan pena tanpa alkohol agar tidak merusak DVD.

Nah, sudah tahu kan berbagai cara tepat merawat DVD agar tetap awet? Memang harus telaten dan sabar kalau mau melakukan seluruh cara di atas, namun hasilnya pasti akan memuaskan kok! Selamat mencoba!

0 komentar